INFO TERKINI
28-10-2021
  • 4 bulan yang lalu / Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (Jalur Zonasi) dimulai tanggal 28 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (Jalur Afirmasi dan Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali) dimulai tanggal 21 Juni 2021
2
Mar 2021
0
US SD-SMP Diharapkan dengan Tes Tulis secara Langsung

Ujian sekolah jenjang SMP diharapkan bisa dilaksanakan dengan cara tes tulis secara langsung di sekolah. Sebagian soal mata pelajaran untuk ujian sekolah akan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram.

Hal itu disampaikan Kepala Disdik Kota Mataram, H Lalu Fatwir Uzali saat membuka rapat koordinasi penyusunan soal ujian sekolah bersama pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di kantor Disdik, Rabu, 17 Februari 2021. “Kita coba kolaborasi dengan situasi pandemi Covid-19 ini, kalau bisa ujian sekolah dilaksanakan secara langsung dengan tes tulis,” ujar Fatwir.

Meski demikian, Fatwir mengakui, nantinya akan ada beberapa kendala seperti adanya siswa yang tidak diizinkan datang ke sekolah oleh orang tua mereka. Siswa tersebut tetap diakomodasi melalui daring. “Beberapa orang tua blm izinkan putra dan putrinya masuk sekolah,” katanya.

Ia juga berpesan kepada guru yang tergabung ke MGMP dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai penyusun soal ujian sekolah agar mempersiapkan soal ujian sekolah dengan memanfaatkan infrastruktur yang ada. “Koordinasi dengan anggota MGMP yang ada di sekolah, dan ada monitoring dari pengawas  hingga akhir ujian sekolah,” ujarnya.

Ujian nasional sendiri telah ditiadakan. Evaluasi akhir diserahkan oleh sekolah salah satunya melalui ujian sekolah. “Evaluasi berada di satuan pendidikan masing-masing, ada petunjuk teknis yang diturunkan, kami membuat draf yang akan diserahkan ke Walikota, dan turun sebagai petunjuk teknisnya,” jelas Fatwir.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian pada Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Mataram, Syarafudin ujian sekolah, mengatakan, disepakati ada beberapa mata pelajaran yang pembuatan soalnya difasilitasi oleh Dinas Pendidikan, dan ada soal yang disusun oleh masing-masing sekolah.

Ujian sekolah untuk soal mata pelajaran yang dibuat oleh masing-masing sekolah dilaksanakan pada tanggal 29 Maret sampai dengan 3 April 2021. Sedangkan jadwal ujian sekolah untuk soal mata pelajaran yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dilaksanakan pada 5 April sampai dengan 10 April 2021.

Soal ujian sekolah yang disusun oleh masing-masing sekolah yaitu mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti, seni budaya, prakarya, PJOK, dan muatan lokal. Sedangkan soal yang difasilitasi Dinas Pendidikan yaitu, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Terkait metode ujian sekolah, menurut Syarafudin, berdasarkan edaran dari gubernur yang membolehkan pembelajaran tatap muka bagi siswa kelas akhir, maka ujian sekolah dengan cara ujian tulis secara tatap muka. Namun, ketika siswa dengan alasan tertentu tidak diizinkan datang ke sekolah, sekolah memfasilitasi ujian sekolah secara daring.

Sumber: SUARANTB.COM